5 Alasan Penting Berteman dengan Kompetitor Bisnis

alasan penting berteman dengan kompetitor bisnis

Dalam dunia bisnis, kompetitor menjadi salah satu faktor yang sering ditakuti oleh pebisnis. Hal itu akhirnya membuat para pelaku usaha enggan menjalin hubungan pertemanan dengan kompetitor karena dianggap merugikan.

Padahal keberadaan kompetitor dalam dunia bisnis merupakan hal yang bagus. Hadirnya kompetitor menunjukan bahwa tersedia pasar yang cukup banyak untuk bidang usaha Anda. Melansir Inc. (2018), ada beberapa alasan penting mengapa Anda harus berteman dengan kompetitor bisnis. Yuk, kita simak, Rekan Kerja!

1. Mendorong Anda untuk lebih baik

kompetitor bisnis

Kompetitor dapat memicu Anda mengembangkan usaha ke arah yang lebih baik (Sumber: trackvia.com)

Mengetahui ada banyak usaha yang serupa dengan bisnis Anda sering kali menimbulkan perasaan khawatir. Namun alih-alih khawatir, jadikan kompetitor sebagai tantangan Anda untuk membuat bisnis lebih baik lagi. Caranya? Coba berteman dengan beberapa pemilik bisnis serupa dan ajak berbincang seputar bisnis. Dari pembicaraan tersebut Anda akan dapat melihat di mana posisi usaha Anda saat ini. Jika dirasa masih tertinggal, gunakan data yang Anda dapatkan selama pertemuan untuk membuat strategi dan inovasi baru bagi bisnis Anda.

2. Membantu meningkatkan kredibilitas

membantu meningkatkan kredibilitas

Tingkatkan kredibilitas di mata konsumen melalui berteman dengan kompetitor (Sumber: boston.cbslocal.com)

Kompetitor memang menunjukan adanya potensi pasar untuk usaha Anda. Namun tidak hanya itu, keberadaan kompetitor juga dapat membantu meningkatkan kredibilitas perusahaan. Bagaimana bisa? Banyaknya pengusaha pada satu bidang akan mendorong masyarakat untuk lebih selektif dalam memilih produk atau jasa. Hal itu akhirnya dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan memberikan keunikan pada produk atau jasa yang Anda tawarkan sehingga berbeda dari kompetitor lainnya.

Baca juga: Pentingnya Pengusaha Mengenal SNI dan Manfaatnya bagi Bisnis IKM

3. Meningkatkan kesempatan akuisisi

meningkatkan kesempatan akuisisi

Kesempatan mengakuisisi perusahaan kompetitor menjadi keuntungan lain berteman dengan pesaing bisnis (Sumber: talkingpointz.com)

Selain membantu untuk memberikan masukan/insight bagi usaha Anda, berteman dengan kompetitor dapat meningkatkan kesempatan akuisisi. Sebagai contoh, Anda berteman dengan salah satu kompetitor yang pemiliknya berniat mundur dari pekerjaannya. Agar usahanya tidak jatuh begitu saja, Anda dapat menawarkan kesempatan kerja sama atau akuisisi sebagai anak perusahaan Anda. Dengan begitu bisnis Anda pun dapat terus berkembang.

4. Membuat bisnis Anda lebih dikenal

membuat bisnis anda lebih dikenal

Keberadaan kompetitor besar dapat menjadi peluang untuk membuat usaha Anda lebih dikenal (Sumber: broadsheet.com.au)

Beberapa perusahaan besar seperti Starbucks memang telah menjadi bisnis unggulan dalam bidang coffee shop. Dengan kondisi perusahaan yang stabil dan memiliki cabang di berbagai negara, keberadaan Starbucks sebagai kompetitor memang sangat sulit untuk dikalahkan. Namun ada sisi positif yang tetap dapat Anda ambil.

Nama besar Starbucks dapat mendorong banyak orang untuk mulai tren minum kopi dan hal itu sangat menguntungkan bagi pebisnis di bidang kedai kopi! Perlahan, masyarakat akan mulai mencari coffee shop lain dan Anda dapat memanfaatkan hal tersebut untuk membuat usaha lebih maju. Anda dapat mendesain interior kafe, membuat menu minuman yang bervariasi, atau melakukan promo dengan bekerja sama dengan petani kopi lokal untuk menarik lebih banyak pelanggan.

5. Meningkatkan network

meningkatkan network

Perbanyak koneksi dengan berteman bersama kompetitor (Sumber: pexels.com)

Berteman dengan kompetitor dapat membuat Anda memiliki koneksi bisnis yang tidak terbatas. Dengan pertemanan bisnis yang sehat, bukan tidak mungkin Anda dan kompetitor bertindak saling menguntungkan. Anda dapat saling merekomendasikan produk yang dijual pada konsumen karena meskipun bergerak di bidang usaha yang sama, setiap perusahaan tentu memiliki kelebihan masing-masing.

 

Nah Rekan Kerja, itu tadi alasan penting di balik berteman dengan kompetitor. Tidak selalu buruk, di lain sisi kompetitor justru dapat mendatangkan keuntungan bagi usaha Anda. Namun perlu diingat, tetap bersikap profesional dan jaga rahasia perusahaan Anda.

Untuk semakin menunjang usaha dan karier Anda, jangan lupa ikuti kelas IKM Digital Learning yang diinisasi oleh Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan Ruangguru. Kapan lagi bisa kursus wirausaha secara gratis? Unduh ruangkerja sekarang!

 

Oktaviani Satyaningtyas