5 Cara Jitu Hadapi Fenomena Industri 4.0

Posted by Oktaviani Satyaningtyas on Oct 22, 2018 6:07:40 PM

Era industri memang telah terjadi sejak akhir abad ke-18. Dimulai dengan penemuan mesin tenun sampai penggunaan internet seperti sekarang ini, sejak itu cara kerja manusia telah banyak berubah akibat berbagai penemuan di bidang industri. Belum berhenti, kini manusia dihadapkan kembali pada babak baru era industri yaitu Industri 4.0.

Industri 4.0 sendiri mulai diperkenalkan oleh Profesor Klaus Schwab, seorang Ekonom asal Jerman sekaligus Founder World Economic Forum dalam bukunya yang bertajuk The Fourth Industrial Revolution. Dalam buku tersebut, istilah Industri 4.0 merujuk pada kondisi di mana teknologi mulai mengambil alih peran manusia dalam mengerjakan pekerjaan di berbagai bidang.

Tidak dapat disepelekan, sebagai pekerja Anda perlu langkah konkret agar posisi Anda saat ini tidak mudah tergantikan. Berikut lima cara jitu hadapi fenomena Industri 4.0. 

1. Berteman dengan data

Industri 4.0

Bekerja pada bidang data menjadi cara untuk memiliki karier yang tidak mudah tergantikan di masa depan (Sumber: blog.edx.org)

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, data menjadi harta karun bagi banyak perusahaan untuk membuat berbagai strategi bisnis agar semakin maju. Tidak hanya bagi perusahaan, Anda yang bekerja di bidang pengelolaan data juga akan memiliki karier yang baik. Data dari Harvard Business Review bahkan menyebutkan bahwa pekerjaan di bidang data merupakan pekerjaan paling diincar di abad ke-21. Selain karena gaji yang cukup tinggi, mereka yang bekerja di bidang data cenderung sulit tergantikan bahkan dengan robot atau Artificial Intelligence (AI) sekalipun.

2. Pikirkan kembali masa depan pekerjaan Anda

Industri 4.0

Pertimbangkan kembali pekerjaan Anda saat ini, apakah mudah tergantikan tenaga otomatis atau tidak (Sumber: shutterstock.com)

Jika saat ini Anda telah memiliki pekerjaan tetap, jangan senang dulu. Coba pikirkan kembali dan lihat apakah di masa depan pekerjaan Anda berisiko tinggi digantikan oleh robot atau tidak. Jika risiko itu ada, sebaiknya lihat celah lain pada bidang pekerjaan Anda. Tekuni dan fokus pada bidang tersebut sampai Anda menjadi ahli dan tidak tergantikan di masa mendatang.

3.Dapatkan pekerjaan terbaik dengan data

Industri 4.0

Temukan pekerjaan terbaik dengan memanfaatkan website profesional seperti LinkedIn (Sumber: gapyearassociation.org)

Tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, data juga dapat membantu Anda untuk menemukan pekerjaan terbaik. Dilansir dari Forbes, Anda dapat menggunakan data melalui website profesional seperti LinkedIn untuk mencari beberapa pilihan pekerjaan terbaik dan membandingkan gajinya. Dengan demikian, Anda dapat menemukan lowongan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

4. Kembangkan soft skill dan hard skill

Industry 4.0

Kembangkan keterampilan Anda sebagai bekal bersaing di Industri 4.0 (Sumber: speaksisterhood.com)

Cara lain untuk dapat bertahan di era industri 4.0 adalah dengan meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill. Ingat, di masa depan Anda tidak lagi bersaing dengan manusia, melainkan dengan robot dan mesin lainnya. Oleh karena itu, tanpa banyak keterampilan yang berguna, posisi Anda di dunia kerja dapat dengan mudah tergantikan. Bagi para pengusaha UKM, Anda bisa belajar berbagai keterampilan seperti pengemasan produk dan restrukturisasi mesin secara gratis melalui aplikasi pelatihan kerja seperti ruangkerja.

5. Jadikan AI sebagai teman

Industry 4.0

Alih-alih menghindar, berteman dengan AI dapat menjadi cara untuk bertahan di era Industri 4.0 (Sumber: steemit.com)

Artificial Intelligence atau AI seperti Google Now atau Siri memang akan menjadi musuh yang harus diwaspadai di masa depan. Namun bukan berarti Anda harus menghindari AI sama sekali. Alih-alih menghindar, mulai saat ini cobalah terbiasa bekerja dengan AI dan pahami cara kerjanya dengan baik. Siapa tahu dengan begitu Anda justru dapat mengambil celah dalam memanfaat AI untuk menunjang karier.

Rekan Kerja, fenomena Industri 4.0 memang tidak dapat dihentikan. Meskipun begitu, bukan berarti Anda dapat menerima kondisi tersebut dengan pasrah. Pemerintah juga telah mendukung dan mempersiapkan Indonesia menuju Industri 4.0, seperti Kementerian Perindustrian yang membuat campaign Making Indonesia 4.0 dengan menghadirkan konten pembelajaran bekerjasama dengan Ruangguru dalam IKM Digital Learning.

Ikuti pelatihannya secara gratis dengan klik gambar di bawah ini. Baca juga artikel menarik seputar karier di blog atau aplikasi ruangkerja.

New call-to-action

Topics: Sukses Kerja

Leave Comment

Recent Post

Most viewed posts

Follow Us On Facebook