e-Learning Berbasis Video, Benarkah Efektif untuk Pelatihan Karyawan?

Posted by Chairunnisa Chaisa on Mar 17, 2020 10:08:40 AM

Pelatihan karyawan bukan satu hal asing yang ada di dalam dunia kerja. Kenapa perlu adanya pelatihan untuk karyawan? Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di dalam perusahaan, salah satunya dengan menambah pengetahuan dan keahlian agar karyawan dapat memaksimalkan potensi diri yang mereka miliki. Nyatanya, pelatihan yang dilakukan bukan untuk karyawan baru saja, melainkan juga untuk karyawan lama agar mampu terus beradaptasi dengan perkembangan dunia kerja maupun bisnis.

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini pun mengubah metode pelatihan yang semula konvensional menjadi metode modern bernama e-Learning (electronic learning). Menurut Brandon Hall Group, 95% perusahaan di seluruh dunia menggunakan video untuk melatih karyawan mereka. Kenapa e-Learning berbasis video dapat dinilai efektif untuk kesuksesan pelatihan? Berikut ini ada lima penjelasannya:

eLearning Berbasis Video

Lima alasan e-Learning berbasis video bersifat efektif (Sumber: instagram.com/ruangkerja)

1. Elemen visual dan audio membuat informasi mudah dimengerti

eLearning Berbasis Video

Elemen visual dan audio adalah dua elemen penting di dalam video (Sumber: wochit.com)

Terdapat dua elemen penting di dalam video yaitu visual dan audio. Dilansir dari thetechedvocate.org, otak manusia memproses gambar 60.000 kali lebih cepat daripada teks dan 90% informasi yang dikirimkan ke otak adalah berbentuk visual. Didukung dengan adanya elemen audio dalam merangsang otak untuk dapat memahami informasi dengan lebih baik, sehingga karyawan pun menjadi lebih mudah mengerti materi pelatihan yang disampaikan.

2. Memberikan rasa nyaman dalam belajar

eLearning Berbasis Video

Penerapan e-Learning berbasis video bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja (Sumber: unsplash brooke cagle)

Dengan bantuan teknologi, pelatihan modern berbasis video memberikan rasa nyaman untuk karyawan karena dapat belajar di mana pun dan kapan pun. Karyawan juga memiliki kebebasan untuk menentukan lokasi terbaik agar bisa optimal menerima materi pembelajaran. Fleksibilitas yang dirasakan menjadi salah satu keunggulan dalam penerapan e-Learning berbasis video ini.

3. Durasi singkat pada video meningkatkan daya ingat

eLearning Berbasis Video

Efektif dan hemat waktu melakukan pelatihan melalui video (Sumber: unsplash maxwell ridgeway)

Berdasarkan informasi dari panopto.com, penelitian menunjukkan bahwa 6 menit adalah panjang optimal untuk video pembelajaran dan tidak akan ada yang menonton video selama lebih dari 15 menit. Durasi yang singkat namun berisi materi dengan ringkas dan jelas akan meningkatkan daya ingat bagi karyawan. Sedangkan durasi yang terlalu panjang akan menimbulkan kejenuhan dan tidak akan memberi hasil akhir yang maksimal dalam proses pelatihan.

Baca juga: Pentingnya Kursus Online bagi Kemajuan Karier Anda

4. Video dapat di-pause, rewind, fast-forward, dan diputar ulang

eLearning Berbasis Video

Fitur di dalam video mempermudah proses pembelajaran (Sumber: joininbound.com)

Keunggulan dari e-Learning model ini adalah karyawan dapat mengontrol video pelatihannya sendiri karena teknologi video memiliki fitur dapat di-pause, rewind, fast-forward, dan diputar ulang. Sehingga apabila ingin memahami materi pelatihan dengan lebih baik, karyawan mempunyai kemudahan dan kendali penuh untuk melakukannya secara mandiri.

5. Konsep storytelling menumbuhkan pemahaman yang baik

eLearning Berbasis Video

Storytelling dalam e-Learning mampu meningkatkan pemahaman (Sumber: elearningindustry.com)

Salah satu unsur penting dalam e-Learning berbasis video adalah metode storytelling dalam penyampaian materi. Storytelling memiliki potensi yang sangat besar sebagai salah satu metode untuk membagikan ilmu pengetahuan, terlebih jika informasi yang disampaikan melalui cara yang baik, tentunya akan menarik perhatian serta membuat materi jadi lebih mudah diingat dan dipahami oleh karyawan sebagai pengguna.

Memilih metode video untuk penerapan e-Learning dalam pelatihan karyawan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas kinerja sumber daya manusia di perusahaan. Oleh sebab itu, penting sekali menggunakan metode e-Learning berbasis video ini untuk memaksimalkan hasil pelatihan karyawan di perusahaan Anda. Selamat mencoba, Rekan Kerja!

Leave Comment

Recent Post

Most viewed posts

Follow Us On Facebook