Ini Dia 5 Langkah Awal  untuk Membangun Perusahaan Impian Anda

Posted by Oktaviani Satyaningtyas on Nov 2, 2018 6:00:00 PM

Pernah berpikir untuk menjadi seorang pengusaha dan membangun perusahaan Anda sendiri? Jika iya, Anda tidak sendiri! Saat ini banyak orang mulai mencoba untuk memiliki bisnis dan perusahaan sendiri karena merasa gaji sebagai seorang karyawan tidak cukup.

Namun untuk membangun perusahaan, tentu ada berbagai kekhawatiran yang muncul. Nah, Nicholle Rollander, seorang penulis dan entreprenur melalui Business Insider (2018) akan membagikan langkah bijak yang dapat diambil untuk membuka perusahaan.

1. Menyewa seorang mentor bisnis 

membangun bisnis

(Sumber: digipreneurid.com)

Rollander mengatakan, memiliki seorang business coach atau mentor bisnis merupakan hal yang wajib Anda lakukan saat membuka bisnis. Memiliki seorang mentor akan membantu Anda untuk memiliki pola pikir pemimpin yang baik dan mengajarkan bagaimana menjalankan perusahaan sesuai dengan nilai yang telah ditentukan. Tidak hanya itu, mentor juga akan membantu Anda melihat apa yang diinginkan oleh konsumen sehingga dapat membuat strategi bisnis tepat sasaran.

Baca juga: 5 Alasan Penting Berteman dengan Kompetitor Bisnis

2. Terus lakukan pemasaran

membangun perusahaan

(Sumber: academiadomarketing.com.br)

Pemasaran bagi sebuah perusahaan merupakan salah satu hal krusial yang wajib dipikirkan dengan matang. Terlebih di zaman teknologi, pemasaran secara digital sangat penting dilakukan agar banyak masyarakat tahu tentang perusahaan dan brand Anda. Agar semakin dikenal secara luas oleh banyak orang, manfaatkan berbagai media sosial untuk mempromosikan produk/jasa yang Anda tawarkan. Selain lebih murah, melakukan pemasaran secara digital terbukti lebih ampuh dalam menjangkau konsumen.

3. Bekerjasama dengan akuntan yang tepat

membangun perusahaan

(Sumber: handpickedaccountants.co.uk)

Masalah keuangan dalam sebuah perusahaan merupakan salah satu yang krusial dan perlu diperhatikan secara detail. Agar alur keuangan perusahaan dapat dengan jelas terpantau, Anda membutuhkan seorang akuntan yang profesional. Akuntan yang baik akan membantu Anda untuk membuat laporan keuangan yang jelas serta memastikan pajak dibayar tepat waktu.

Baca juga: Mempelajari Manajemen Reputasi Online dan Cara Memaksimalkannya

4. Merekrut asisten virtual

membangun perusahaan

(Sumber: biz30.timedoctor.com)

Di masa awal berbisnis, sebagai pemilik Anda tentu akan mengerjakan berbagai tugas sekaligus mulai dari marketing, media sosial, operator, dan sebagainya. Tidak boleh terus dikerjakan sendiri, Anda perlu mencari asisten untuk berbagi pekerjaan. Anda dapat mencoba merekrut asisten virtual, yaitu asisten yang bekerja secara remote dan cukup berinteraksi melalui skype atau media sosial lainnya. Dengan begini Anda dapat memiliki beberapa asisten sekaligus dengan biaya yang relatif lebih murah.

5. Memanfaatkan pengingat digital

membangun perusahaan

(Sumber: tapsmart.com)

Sebagai seorang CEO, Anda tentu memiliki jadwal yang padat untuk bertemu klien atau rapat bersama staf. Agar semua jadwal dapat terkontrol dengan baik, diperlukan reminder atau pengingat. Tidak lagi mencatat secara manual di buku catatan, Anda dapat menggunakan berbagai software canggih seperti google calendar, di mana Anda dapat mendaftar seluruh jadwal rapat yang ada dan memasang alarm pengingat.


Membuka perusahaan sendiri merupakan langkah besar dan berani yang Anda lakukan, Agar semua kerja keras Anda tidak sia-sia, persiapkan semuanya dengan baik seperti mengikuti tips di atas.

Bagi pelaku bisnis IKM, tingkatkan terus usaha Anda dengan mengikuti berbagai pelatihan seperti pengemasan produk di Kelas Umum IKM Digital Learning hasil kerja sama antara Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian serta Ruangguru. Unduh aplikasinya sekarang dan ikuti kelasnya, GRATIS!

New call-to-action

Topics: Sukses Kerja

Leave Comment

Recent Post

Most viewed posts

Follow Us On Facebook