Manfaat Era Industri 4.0 untuk Meningkatkan Karier di Masa Depan

Posted by Oktaviani Satyaningtyas on Nov 22, 2018 6:00:00 PM

Saat ini kita semua tengah dihadapkan pada era Industri 4.0. Pada era ini, penggunaan teknologi tidak hanya untuk membantu pekerjaan manusia, lebih dari itu, perubahan teknologi perlahan namun pasti telah mengubah cara kerja manusia bahkan menggantikan tugas manusia dalam beberapa bidang pekerjaan.

Fenomena ini tentu membuat Anda merasa khawatir masa depan pekerjaan. Namun ketimbang khawatir berlebihan, ada baiknya Anda mengubah rasa cemas akan perubahan teknologi menjadi kesempatan. Bagaimana caranya? Tim ruangkerja telah merangkumnya untuk Anda berikut ini.

1. Teknologi baru memungkinkan munculnya jenis pekerjaan baru

 masa depan

Selain menghilangkan jenis pekerjaan, era Industri 4.0 juga membuka lapangan pekerjaan baru (Sumber: sace.sa.edu.au)

Dalam laporan World Economic Forum’s: Future of Jobs Report 2018, perubahan teknologi di era Industri 4.0 disebutkan dapat membawa dampak positif pada sektor bisnis di mana dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tidak hanya itu, kabar baiknya, perubahan teknologi juga memungkinkan tumbuhnya lapangan kerja baru yang tidak diduga sebelumnya. Jadi tidak hanya menghilangkan beberapa bidang pekerjaan, perkembangan teknologi telah membuat penyesuaian terhadap beberapa pekerjaan sehingga memungkinkan munculnya cabang pekerjaan baru.

Baca juga: 5 Cara Jitu Hadapi Fenomena Industri 4.0

2. Mempelajari keterampilan baru

masa depan

Agar tidak mudah tergantikan, mempelajari keterampilan baru dapat menjadi solusi (Sumber: scoutdigitaltraining.com.au)

Dominasi teknologi dalam dunia kerja mungkin menjadi mimpi buruk bagi kebanyakan pekerja di seluruh dunia. Jangan hanya tinggal diam! Agar posisi Anda tidak mudah tergantikan oleh teknologi, mempelajari keterampilan baru dapat menjadi salah satu solusinya. Dalam laporan tersebut, untuk  mengimbangi kemajuan teknologi dengan keterampilan tenaga kerja, dibutuhkan pelatihan dasar seperti teknik analisis, pengoperasian infrastuktur digital dan ICT (Information and communications technology). Membekali diri Anda dengan berbagai keterampilan yang sesuai dengan perubahan teknologi akan menjadikan diri Anda sebagai pekerja yang siap menghadapi era Industri 4.0.

3. Berteman dengan teknologi

dunia kerja

Berteman dengan teknologi dapat membantu Anda untuk beradaptasi di era Industri 4.0 (Sumber: articlesplanet.info)

Selain membekali diri dengan mempelajari keterampilan baru, mencoba berteman dengan teknologi juga dapat menjadi cara Anda untuk menghadapi era Industri 4.0. Sebagai contoh, jika Anda merasa kesal dengan Artificial Intelligence (AI) yang dirasa mengambil berbagai bidang pekerjaan, kenapa tidak melakukan hal sebaliknya? Cobalah mempelajari AI lebih dalam agar Anda dapat menemukan celah memanfaatkannya untuk menunjang karier.


Rekan Kerja, kita semua tidak dapat menghentikan era Industri 4.0 yang saat ini sedang berjalan. Yang dapat dilakukan saat ini adalah menghadapinya dengan bijak dan mengubah rasa khawatir Anda menjadi peluang untuk kemajuan karier di masa depan.

Agar semakin siap dalam menghadapi kemajuan teknologi yang ada, bekali diri Anda dengan berbagi informasi menarik seputar karier dalam blog atau aplikasi ruangkerja yang dapat diunduh secara gratis dengan mengklik gambar di bawah ini.

New call-to-action

Topics: Sukses Kerja

Leave Comment

Recent Post

Most viewed posts

Follow Us On Facebook