Pentingnya Pengusaha Mengenal SNI dan Manfaatnya bagi Bisnis IKM

Posted by Oktaviani Satyaningtyas on Nov 13, 2018 3:00:00 PM

Sebagai seorang pengusaha IKM, memastikan produk Anda memiliki kualitas yang baik adalah sebuah kewajiban. Terlebih di tengah persaingan pasar bebas, quality control terhadap produk dan jasa harus diperketat agar tidak kalah saing dengan produk dari luar negeri.

Karena itu, sebagai bentuk kontrol dan perlindungan terhadap kualitas produk, Pemerintah Indonesia menerapkan SNI atau Standar Nasional Indonesia. SNI sendiri merupakan satu-satunya  standar yang berlaku untuk berbagai produk yang dibuat masyarakat Indonesia dan ditetapkan oleh Badan Standar Nasional (BSN). Hal ini dilakukan pemerintah agar pengusaha dapat memiliki acuan pasti dalam membuat berbagai produk yang sesuai standar pemerintah.

Penjelasan mengenai SNI ini sudah dijelaskan pada kelas IKM Digital Learning oleh Kementrian Perindustrian di aplikasi ruangkerja.Berikut manfaat dari standardisasi SNI untuk produk Anda:

1. Membuat produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar negeri

 sni

Label SNI membantu produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar negeri (Sumber: republika.co.id)

Pemberlakukan pasar bebas membuat berbagai produk luar negeri dapat dengan mudah diperjualbelikan di Indonesia. Jika tidak memiliki acuan produksi serta standar  kualitas yang jelas, produk dalam negeri dapat dengan mudah kalah bersaing. Oleh karena itu, dengan label SNI, pemerintah dapat lebih mudah mengawasi dan menjamin produk buatan Indonesia telah memiliki kualitas yang baik. Jadi meskipun produk luar negeri lebih murah, namun produk Anda tetap dapat menang di pasaran karena kualitasnya telah dijamin sesuai dengan standar yang berlaku.

Baca juga: Cara Mudah Kembangkan Strategi Bisnis Secara Digital

2. Membangun kepercayaan dari konsumen

sni

Selain membantu untuk bersaing dengan produk luar negeri, SNI juga membuat Anda memiliki hubungan baik dengan konsumen (Sumber: Nielsen.com)

Di tengah persaingan bisnis yang ketat, menjaga kepercayaan dan loyalitas konsumen menjadi hal yang sangat penting. Agar konsumen terus membeli dan menggunakan produk yang Anda produksi, memiliki label SNI bisa jadi solusinya. Dengan SNI, konsumen akan cenderung memilih produk buatan Anda karena percaya kualitas barang yang dihasilkan sudah sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh pemerintah.

3. Membantu pengusaha terhindar dari jeratan hukum

sni

SNI akan menjamin produk yang Anda produksi legal dan aman bagi masyarakat (Sumber: Career.du.edu)

Tidak hanya membuat produk Anda memiliki daya saing tinggi, label SNI juga membuat pengusaha IKM terhindar dari jeratan hukum. Anda mungkin pernah mendengar kisah Kusrin, pria asal Karanganyar yang membuat televisi dari limbah monitor tabung bekas komputer pada 2015 silam. Meskipun berhasil memproduksi televisinya sendiri, pengusaha tersebut tidak dapat memasarkan produknya karena belum memiliki label SNI. Pemerintah menganggap televisi tersebut tidak dapat dipasarkan pada masyarakat karena tidak ada standar yang jelas, sehingga dikhawatirkan tidak memiliki kualitas baik dan berpotensi merugikan konsumen. Akhirnya, pengusaha tersebut menerapkan SNI pada produknya sehingga dapat dijual bebas di pasaran dengan merek dagang Maxreen.


Nah Rekan Kerja, itu tadi manfaat pembuatan SNI bagi Anda para pengusaha IKM. Tidak bermaksud menyulitkan, SNI justru dapat membantu bisnis Anda untuk dapat memiliki daya saing di tengah masyarakat. Selain bagi Anda para pengusaha, SNI juga mampu melindungi konsumen dari berbagai produk yang tidak aman dan berbahaya.

Selain SNI, Anda juga dapat mempelajari berbagai pelatihan lain seputar IKM dalam kelas IKM Digital Learning di aplikasi ruangkerja. Dapatkan berbagai pelatihan seputar pengemasan produk, Hak Kekayaan Intelektual, dan lainnya yang dapat menunjang bisnis Anda. Unduh aplikasinya sekarang di Play Store atau App Store, GRATIS!

New call-to-action

Topics: Sukses Kerja

Leave Comment

Recent Post

Most viewed posts

Follow Us On Facebook